9/9/14

Syair Chairil Anwar dari syair mantra Jawa ?


Chairil Anwar ? Penyair yg terkenal itu nyontek mantra Jawa ? Masa sih ?...... ini cuman azas praduga tak bersalah.


Pertama ku bikin sebuah lagu yg syairnya adalah mantra2an dalam bahasa Jawa. Buat lucu2an yang berbunyi begini "sun mateg aji, ajiku macan luwe". Berhubung teman2 di-FB-ku dari seluruh Indonesia maka kuberniat mem-Bahasa Indonesia-kan syair tersebut.



Awalnya syair "sun mateg aji, ajiku macan luwe" kuubah jadi "Aku,... aku memwatak harimau lapar". Tapi koq terasa terlalu panjang dan seperti kurang menghayati sifat harimau lapar. Maka kuubahlah menjadi "Aku.... aku adalah harimau lapar." Nah dengan bunyi "aku adalah harimau lapar" tsb maka makna memwatak sudah termasuk didalamnya.

Duaaarrrrr...... ini kan kaiak syairnya pak Chairil Anwar ? Kemudian kuinget dulu pernah baca bahwa beliau pernah ke Jawa. Setelah itu dia produktif bikin syair2 sampai terkenal begitu.

Entah benar atau tidak kalau beliau mem-bahasa Indonesia-kan syair mantra Jawa atau mempunyai ide dari sana yg jelas "sun mateg aji, ajiku titik2" begitu banyak banget di mantra2 tradisional Jawa dan kalau di bhs Indonesiakan ya jadinya "Aku.... aku adalah titik2". begitu.


No comments:

Post a Comment